Info Sekolah
Kamis, 25 Jul 2024
  • Selamat datang di Website resmi MAS - MIFTAHULJANNAH SELATBARU

BACA SURAT YASIN DAN TAHLIL, MAS MIFTAHUL JANNAH BANGUN RUTINITAS BERSAMA SETIAP PAGI JUM’AT

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

MAMJ (Humas) — Dalam rangka meningkatkan nilai-nilai islamiah dilingkungan Madrasah mengawali jum’at pagi dengan melaksanakan kegiatan rutinitas pembacaan surat Yasin dan Tahlil bersama siswa, siswi dan guru madrasah.

Kegiatan dipandu oleh Guru yang bertugas piket sedangkan pembacaan Yasin dan Tahlil dipimpin oleh siswa yang ditunjuk oleh guru, dan dilanjutkan doa yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk guru piket.

Bacaan Surat Yasin sendiri sering dijadikan amalan rutin dalam berbagai acara keagamaan, seperti pengajian, tahlilan, atau peringatan kematian. Di sisi lain, bacaan tahlil adalah amalan berupa pembacaan kalimat tauhid, yakni “La ilaha illallah,” dan doa-doa untuk mendoakan orang yang telah meninggal.

Berdasarkan penjelasan dari ulama, setidaknya ada 12 keutamaan membaca Surat Yasin yaitu dimudahkan urusan, dikabulkan hajat, dapat pahala 10 kali membaca Al-Qur’an, mendapat kebahagiaan, mendatangkan syafaat, dilimpahkan kebaikan dunia dan akhirat,menolak kejahatan dan bencana, diampuni dosanya keesokan harinya, dimudahkan saat sakratul maut, mendapat ampunan, meringankan siksa kubur serta memperkokoh keimanan’” tuturnya

Sebab berbagai keutamaan tersebut, maka Madrasah, selain membangun kebiasaan baik membaca Yasin dan Tahlil, juga diharapkan dapat memimpin apabila dibutuhkan untuk memimpin pembacaan Surat Yasin dan Tahlil dalam kegiatan kegamaan di masyarakat.

@ADMINMAMJOK

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar