Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • Selamat datang di Website resmi MAS - MIFTAHULJANNAH SELATBARU

Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Selatbaru UpGrade Group Hadroh

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Selatbaru terus berupaya meningkatkan minat dan bakat siswa/i nya melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Hadroh. Kegiatan ini di laksanakan setiap hari Rabu sore sebagai upaya menambah kreativitas dan keterampilan siswa/i nya dalam bidang kesenian Islami.

Hadroh adalah alat musik rebana yang di mainkan untuk mengiringi pembacaan sholawat ataupun syair-syair islami. Hadroh sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dikisahkan pada saat baginda nabi hijrah dari makkah ke madinah, baginda nabi di sambut gembira oleh orang-orang anshor dengan nyanyian/syair yang dikenal dengan sholawat “thola’al badru ‘alaina” diiringi oleh hadroh dengan pukulan terbang atau pukulan bertempo cepat.

Hadroh menurut bahasa diambil dari kalimat bahasa Arab yaitu hadhoro atau yuhdhiru atau hadhron atau hadhrotan yang berarti kehadiran. Hadroh menurut ustilah adalah suatu metode yang bermanfaat untuk membuka jalan masuk ke ‘hati’, karena orang yang memainkan hadroh dengan benar terangkat kesadarannya akan kehadiran Allah dan Rasul-Nya. Dengan mendengarkan syair-syair yang di iringi oleh hadroh  akan membawa dampak kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya, karena syair-syair Islami yang dibawakan mengandung ungkapan pujian dan keteladanan sifat Allah dan Rasulallah yang agung.

Disela-sela latihan, Kepala Madrasah Muhammad Suprapto, S.Pd.I sekaligus sebagai pembimbing Hadroh ini mengungkapkan; “kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan siswa/i nya terhadap Rasulullah Muhammad SAW. yang menjadi karakter dan cirikhas MAS Miftahul Jannah Selatbaru”.

Sungguh sangat luarbiasa antusias dari anggota Group Hadroh ini. Mereka menghapalkan puluhan lantunan sholawat, bahkan ratusan lantunan sholawat yang di kemas kedalam irama-irama yang menyejukkan hati bagi para pendengarnya.

Maju terus MAS Miftahul Jannah Selatbaru. Sukses bersama Sholawat Nabi. #admin70

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar