Info Sekolah
Sabtu, 26 Nov 2022
  • Selamat datang di Website resmi MAS - MIFTAHULJANNAH SELATBARU

MAS MIFTAHUL JANNAH SELATBARU GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022 “ PAHLAWANKU TELADANKU “

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Peringatan Hari Pahlawan ke-77 MAS Miftahul Jannah Selatbaru berlangsung khidmad pada tanggal 10 November 2022 di halaman MAS Miftahul Jannah Selatbaru setelah diguyur hujan lebat, dengan pembina upacaranya adalah Muhammad Suprapto, S.Pd.I, yang bertugas sebagai pemimpin upacara adalah Sulaiman, S.Pd.I. Pengibar bendera merah putih Erni Wiyana, S.Pd, Astriati, S.Pd.I, dan Suliana, S.Pd.I. Petugas pembaca UUD 1945 Muhammad Hendri, S.Pd. Petugas pembaca doa Sutikno, S.Ag, dan peserta upacara oleh seluruh siswa/i.

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November merupakan salah satu peristiwa bersejarah besar bangsa Indonesia. Pertempuran ini terjadi di kota Surabaya pasca kemerdekaan. Peristiwa itu bermula ketika tentara Inggris yang berada di bawah pimpinan Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern (A.W.S) Mallaby mendarat di Surabaya pada 25 Oktober 1945.

Kisah perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan muncul dalam buku-buku mata pelajaran sejarah di sekolah. Buku-buku tersebut mencatat sejarah perjuangan para pahlawan yang memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan tanah air. Tidak hanya kisah perjuangan bangsa, melainkan juga mengajarkan keteladanan kepada anak-anak generasi penerus bangsa, seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

Pada hari ini, sudah tujuh puluh tujuh tahun peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah hak dan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa yang hari ini sedang duduk di bangku sekolah. Mereka wajib berjuang dalam menuntut ilmu di bangku sekolah demi bekal kehidupan masa mendatang yang penuh dengan tantangan yang kompleks, kemajuan teknologi yang terus berkembang harus mereka hadapi. Semangat para pahlawan yang berjuang demi mempertahan kemerdekaan bangsa ini harus mereka teladani agar menjadi generasi yang kuat dan tangguh.

Dalam amanatnya pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 di halaman madrasah, Kepala Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Selatbaru menyampaikan bahwa: “bagi kita generasi penerus bangsa, bahwa perjuangan meraka para pahlawan  cukup luar biasa sehingga hari ini adalah tugas kita semuanya untuk meneruskan perjuangan mereka. Bagaimana cara kita meneruskan perjuangan mereka, tentunya sebagai siswa madrasah yang baik, mari kita pasang kembali niat kita untuk terus belajar, untuk memperbaiki diri masing-masing, sehingga kita layak disebut dengan penerus bangsa. Karena perjuangan para pahlawan untuk dapat mengibarkan bendera merah putih cukup luar biasa. Dan hari ini yang perlu kita lakukan adalah bagaimana kita bisa menjaga tanah air kita tetap aman damai dan tentram. Sehingga menjadi Negara yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Kemudian untuk seluruh majelis guru Kepala MAS Miftahul Jannah Berpesan dalam amatnya: Ki Hajar Dewantara menuampaikan dalam istilah bahwa Jawa, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, guru harus manjadi contoh bagi seluruh siswa/i nya dan lingkungan sekitar. Majelis guru harus tetap dan selalu semangat bahwa hidup harus optimis, hidup terus berjalan. Bagaimana pun kondisi Madrasah dan kondisi siswa, namun guru harus tetap memberikan semangat perjuangan. Sehingga kita mampu mewujudkan Madrasah kita adalah Madarsah yang kompeten.”

Memang saat ini masyarakat Indonesia tidak lagi turut melawan penjajah seperti halnya para pahlawan dahulu. Oleh karena itu, sekarang tugas untuk para penerus bangsa ini adalah memberikan arti baru mengenai kepahlawanan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia yang tentunya seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan dunia tekhnologi. Terkhusus kepada para siswa/i MAS Miftahul Jannah Selatbaru dan para pelajar lainnya yang sedang menuntut ilmu di bangku madrasah/sekolah tuntutlah ilmu dengan dengan sebaik-baiknya, gali informasi dan teknologi untuk kemajuan masa depan diri, agama, bangsa, dan negara.

Website Resmi : www.ma-miftahuljannah.sch.id

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar